Rumah Batak, Atap dan Cicak

Sembari menunggu pudarnya kabut di puncak bukit Siulak Hosa (salah satu titik tertinggi di Pulau Samosir), Sihite, tukang ojek yang mengantar saya dan seorang teman perjalanan, mengurai berbagai cerita menarik. Pengetahuan pria yang pernah merantau ke Jawa ini cukup luas.

rumah batak

Perbincangan dibuka dengan kisah mengenai legenda Danau Toba yang tersohor. Kemudian berlanjut dengan cerita-cerita menarik lain, hingga menyentuh filosofi rumah suku Batak. Tempat tinggal orang Batak sangat khas dan bisa dijumpai dengan mudah di berbagai sudut Pulau Samosir. Bentuknya rumah panggung, berbahan dasar kayu dengan warna dominan coklat.

Bangunan rumah adat Batak berdiri diatas tiang-tiang dengan ruangan bawah yang dibiarkan terbuka. Ruang bawah ini disebut bara dan biasanya digunakan untuk kandang hewan piaraan. Yang paling mencolok dari rumah suku Batak adalah atapnya. Bagian penutup rumah tersebut berbentuk kerucut dan menjulang tinggi di bagian depannya. Bagian tengah atap pasti selalu lebih rendah, meskipun kembali mencuat tinggi di bagian belakang.

Menurut Pak Sihite, bentuk atap seperti itu menyimpan filosofi luhur suku Batak. Atap yang menjulang tinggi di bagian depan melambangkan anak, sedangkan bagian yang lebih rendah melambangkan orang tua. Jadi orang tua suku Batak selalu berharap anak-anak mereka lebih maju dan sukses dalam segala hal.

Narsis

Selain bentuk atap yang mencolok, di berbagai sudut Pulau Samosir juga sangat banyak dijumpai ornamen cicak. Usut punya usut lambang itu juga menyimpan makna khusus. Kali ini yang menjelaskan makna dibalik gambar cicak adalah tukang ojek yang kami sewa pada hari pertama kami di Pulau Samosir. Dia menuturkan cicak adalah hewan yang mudah menempel di mana-mana. Maka seperti itulah sifat orang Batak, sanggup dan mampu beradaptasi dimanapun dia berada.

Pulau Samosir, Oktober 2011

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

One Response to Rumah Batak, Atap dan Cicak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: