Susahnya Mencari Layanan BB (Ukraina-3)

Telepon pintar Blackberry boleh saja menjadi raja di Indonesia. Tapi di Ukraina, smart phone ini malah lumayan merepotkan.

Ketika sampai di Kiev, hal yang pertama kali saya tanyakan ke staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) adalah dimana mencari paket untuk mengaktifkan layanan Blackberry. Maklum ponsel pintar ini sangat saya butuhkan untuk mendukung liputan, baik berkomunikasi dengan kantor maupun mengirim berita lewat email. Tapi jawaban yang saya terima sungguh mengecewakan.

“Sejak 13 Juni lalu ada peraturan baru untuk mengantifkan servis Blackberry. Padahal sebelumnya tidak ada. Jika orang asing harus menandatangi kontrak dan punya visa dengan durasi minimal enam bulan. Selain itu tidak boleh. Padahal sebelum itu mudah saja kawan-kawan jurnalis dari Indonesia membeli paket layanan Blackberry,” kata Alexi, warga Ukraina yang menjadi staf lokal KBRI di Kiev.

Alexi bercerita, dia harus berdebat selama hampir satu jam dengan pihak MTC untuk membantu seorang rekan jurnalis Indonesia memperoleh layanan Blackberry. MTC adalah satu-satunya provider yang memiliki lisensi servis Blackberry. Pengguna BB di Ukraina adalah kaum minoritas. Ponsel bermerek Sambung dan HTC lah yang mendominasi. I-Phone juga digemari, tapi masih ilegal di negeri ini,

Usaha Alexi baru berhasil setelah mengeluarkan ”surat sakti” dari KBRI. Alexi kemudian berjanji membantu saya. Namun dia tidak bisa segera mengambil tindakan karena keesokan paginya saya harus berangkat ke Donetsk. Sedangkan hari itu mustahil mengurus ke pihak provider karena sudah pukul 21.00 waktu setempat.

Alhasil, saya terpaksa hanya mengandalkan wi-fi untuk mengirim berita. Rencananya saya akan mencari penyedia layanan Blackberry di Donetsk. Namun, lagi-lagi saya terpaksa pulang dengan tangan hampa. Ketika menanyakan soal servise BB di Donetsk, jawaban yang saya terima persis seperti yang diceritakan Alexi. Turis dilarang mengaktifkan layanan Blackberry jika tak memiliki izin tinggal minimal enam bulan.

Ya, gara-gara tak bisa menggunakan Blackberry, komunikasi dengan rekan-rekan di kantor menjadi sedikit tersendat. Apalagi mengirim dan menerima SMS dari dan ke Tanah Air susahnya minta ampun. Bagi warga Ukraina demam Blackberry hanya mitos. Ponsel ini bukan raja seperti di Indonesia.

Donetsk, Juni 2012

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

4 Responses to Susahnya Mencari Layanan BB (Ukraina-3)

  1. lalatdunia says:

    Di greece juga begitu.bahkan sama sekali ga ada provider menyediakan bis(blackberry internet service).kalo paket internet bulanan ada,tapi buat ponsel secara umum.ga ada istilah paket bb disini.bbm dan browser saya sama sekali ga jalan.musti pake wifi.
    Untungnya rata2 dari kami ga buta gadget.dri wifi,trus donlot browser laen yg bukan bawaan bb(opera mobile/QQ),masuk ke setting,TCP id,ganti apnnya manually,restart.abis tu masukin simcard yg udh diaktifin paket bulanannya.
    Ga ribet,bisa ngenet meski lewat browser laen.tpi semua aplikasi yg bawaan bb(twitter,fb,etc) ga bakal bs jalan.
    Kalo besok jadi ke turki..(amin,ya🙂 ) mending bawa android.lebih murah drpd bb paketnya.
    Sori jd cerewet nih kalo ngomongin gadget -.-‘
    Blognya bagus.belum pernah keliling negeri sendiri jd malu kalo baca blognya mbake ^.^
    Semua tak baca lo mbak🙂

    • yusmei says:

      Kamu Jago banget soal gadget2-an gitu..,aku ini tipe manusia gaptek hihihi. Sekarang aku udah oake android juga, bb cuma buat koordinasi pekerjaan. Amiiin smg bisa ke turki…kan visanya on arrival, gak ribet. Pengennya ke manchester dulu,,,:):) . Wuih beneran baca semua? Padahal sebagian kacau tulisannya…tengkyu ya dah baca semuanya :))

  2. lalatdunia says:

    Iya.kacau.:P kadang keliatan kl keburu2 nulisnya.tapi bagus kok.ditunggu tulisan berikutnya.
    Mbok coba kalo kuliner ke soto peluk.lokasinya deket selat mbak lies.ke selatan dikit.bukanya pagi jam 5-an.jam 9 dah kukut.situ dah bangun ato masih ngiler ya?

    • yusmei says:

      Soto peluk? Baru dengeeer….boleh tuh kapan2 nyoba. Tapi jam-nya gak bersahabat bangeet, jam glundang glundung di kasur ituuu :)))))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: