“Dipalak” Penjaga Stadion

Sebagai seorang penggemar sepak bola, kunjungan ke Kiev rasanya kurang lengkap tanpa menyambangi Stadion Valeriy Lobanovskiy.  Stadion ini adalah markas lawas klub sepak bola Dyamo Kiev. Lokasinya tak jauh dari stasiun Metro Khreshchatyk, sekitar 15 menit dengan berjalan kaki.

Bagian dalam stadion

Selama gelaran Euro 2012 di Ukraina, stadion ini sering tutup karena  dipakai untuk sesi jumpa pers resmi. Nah, pada kunjungan pertama, saya kecele karena stadion itu sedang ditutup untuk umum. Terpaksa saya hanya menghabiskan waktu dengan berbelanja pernik-pernik Dynamo Kiev di fan shop yang terletak di depan stadion. Karena masih penasaran, sehari setelah partai final Euro 2012 saya balik lagi ke sana. Ternyata lagi-lagi stadion masih tutup, entah apa alasannya. Penjaga di gerbang hanya mengatakan stadion baru dibuka dua hari lagi. Saya berusaha merayu masuk, tapi mereka tak terbujuk. Alhasil, saya pun ngeloyor pergi dengan muka kecewa berat.

Ketika sedang berjalan meninggalkan area stadion, tiba-tiba seorang penjaga berlari-lari mengampiri. Dengan bahasa Inggris yang belepotan dia berusaha mengajak ngobrol. Awalnya saya benar-benar tidak paham dengan maksud sang penjaga itu. Namun akhirnya saya mengerti. Penjaga yang masih muda itu menyodorkan sebuah tawaran. Saya diperbolehkan masuk, tapi dengan syarat khusus, membayar sebesar 50 hrynia (mata uang Ukraina) atau senilai Rp55.000. Alamak…rupanya saya sedang ”dipalak”. Sogok menyogok seperti itu saya pikir cuma ada Indonesia, ternyata ada juga Ukraina. Capek deh .

Di depan logo Dynamo Kiev

Daripada menyesal gagal masuk ke stadion, dengan patuh saya turuti permintaan sang penjaga. Dia kemudian menemani masuk mengitari stadion dan  dengan senang hati menjadi ”tukang foto” saya dalam tur singkat di Valeriy Lobanovskiy selama kurang lebih 30 menit itu. Ada-ada saja.
Kiev, Ukraina, Juli 2012

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

2 Responses to “Dipalak” Penjaga Stadion

  1. budiwaskito@gmail.com says:

    Dear Usermayjourney’s

    Selamat malam…..
    Trinakasih ceritanya telah berbagi dengan saya .semoga menambah pengalaman saya dalam hal ini..
    Salam

    Budi Waskito
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  2. Sama-sama…terima kasih juga sudah ikut menyimak cerita saya….salam berbagi🙂

Leave a Reply

