Sensasi Stasiun Terdalam di Dunia Arsenalna

Bagaimana rasanya naik kereta dari kedalaman 105,5 meter di bawah permukaan tanah? Kalau ingin merasakan sensasinya silakan datang ke stasiun Kiev Metro, Arsenalna. Stasiun tersebut diklaim sebagai yang terdalam di dunia.

Selama menggunakan jasa kereta bawah tanah alias Metro di Kiev saat mendapat tugas meliput Euro 2012 Juli lalu, sudah beberapa kali saya melewati stasiun yang konon layout-nya mirip dengan London Underground di Inggris itu. Namun baru benar-benar masuk ke stasiun ini sehari menjelang kepulangan ke Tanah Air, tepatnya setelah mengunjungi Kiev Pechersk Lavra. Saya sengaja menyempatkan diri mampir ke Arsenalna supaya tak menyesal seumur hidup. Kapan lagi bisa “ambles bumi” hingga begitu dalam?

Bagian depan Stasiun Arsenalna

Eskalator di Arsenalna

Arsenalna dibangun pada 6 November 1960 dan terletak di antara stasiun Khreshchatyk dan stasiun Dnipro, di jalur lintasan merah Kiev Metro. Jika berjalan kaki dari Pechersk Lavra, salah satu landmark di Kiev, membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Seperti hampir semua stasiun Metro di Kiev, bangunan depan Arsenalna sederhana, begitu juga bagian dalamnya. Di halaman terpajang sebuah meriam mungil yang melambangan nama stasiun, yaitu gudang senjata.

Nah, keunikan Arsenalna ini baru benar-benar terasa dalam perjalanan turun melalui eskalator. Saking dalamnya, eskalator dibagi menjadi dua bagian. Setelah merampungkan eskalator bagian pertama, kita harus berjalan sekitar 10 meter dan pindah ke eskalator bagian kedua. Seru! Sensasinya semakin terasa karena tingkat kemiringan eskalator cukup curam. Bagi penderita phobia ketinggian pasti ngeri jika memadang ke bawah. Jadi jangan lupa berpegangan erat-erat supaya tidak jatuh.

Kedalaman Arsenalna bisa dirasakan melalui waktu tempuh di eskalator. Untuk merampungkan dua eskalator tersebut dibutuhkan waktu sekitar lima menit! Saya jelas sangat menikmati setiap menitnya. Ketika merampungkan kedua eskalator tersebut, saya tersenyum lebar. Akhirnya kesampaian juga bermain-main di kedalaman 105,5 meter di bawah permukaan tanah.

Kiev, Ukraina, Juli 2012

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

2 Responses to Sensasi Stasiun Terdalam di Dunia Arsenalna

  1. buzzerbeezz says:

    Coba kalau di Jakarta misalnya ada kayak gini.. Pasti banjir. Hehe..
    Seru ih liputan sampe ke Ukraine sana.. Tau gitu aku minta dikirimin kartu pos dari sana. Hahaha..

  2. Tuh jakarta katanya mau bikin MRT….smg faktor banjir dipertimbangkan juga…wkwkwwk…..Yah, rekuesnya telat…dah terlanjur pulang…:):)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: