Miniatur Liverpool di Sudut Donetsk

Jarak antara Ukraina dan Inggris terbentang lebar. Namun, siapa sangka di negara pecahan Uni Soviet ini bisa dijumpai tempat yang kental beraroma Inggris.

Jika tak percaya silahkan menengok ke sebuah sudut kota Donetsk. Di Jalan Artema 131a, tepatnya di gedung Donbass Equicenter terdapat miniatur kota Liverpool. Konon, sang pemilik tempat ini sangat menyukai salah satu kota di Inggris tersebut. Tak heran, suasana tempat tersebut benar-benar berkiblat penuh ke Liverpool.

Tampak depan


Di bagian depan bangunan tersebut terpampang tulisan besar berwarna merah Liverpool food market-hotel-live music bar. Kentalnya aroma Inggris dikuatkan dengan sebuah boks telepon umum berwarna merah yang merupakan ikon Negeri Elizabeth. Boks telepon tersebut juga bertuliskan Liverpool.

Masih di bagian depan, ada monumen grup band legendaris The Beatles. Seperti diketahui, grup band fenomenal tersebut memang berasal dari kota pelabuhan di Inggris, Liverpool. Monumen tersebut berlatar belakang motif bendera yang sangat besar, sedangkan di sampingnya tertulis Beatles Forever. Baik siang atau malam, monumen The Beatles itu kerap dijadikan obyek berfoto bagi turis-turis yang tengah berkunjung ke Donetsk.  

Bukan hanya bagian depan bangunan yang didesain berbau Liverpool. Bagian dalamnya juga tak kalah menarik. Restorannya ditata dengan ornamen-ornamen khas Inggris. Mulai dari kursi-kursi berwarna merah dan tak ketinggalan hiasan bendera. Foto-foto The Beatles juga bertebaran di tempat ini. Para pengunjung yang makan di sana juga bakal dimanjakan dengan alunan lagu-lagu grup band legendaris tersebut. Ada juga beberapa hiasan yang berkaitan dengan klub Liverpool FC, namun aroma Beatles yang lebih mendominasi.  Acara live music yang menyuguhkan lagu-lagu The Beatles juga digelar rutin.

Miniatur Liverpool ini telah dikenal sebagai salah satu destinasi para wisatawan. Apalagi tempat ini sudah direkomendasikan di brosur-brosur wisata kota Donetsk. Jika ingin mencicipi makanan yang dijual di restoran di sana, Anda tidak perlu kuatir. Harganya sangat terjangkau dan menunya variatif. Tersedia juga nasi goreng meskipun rasanya aneh bagi lidah orang Indonesia.

Patung The Beatles

Boks telepon di depan bar Liverpool di Donetsk

Kompleks Liverpool tersebut menjadi “markas” suporter Inggris ketika The Three Lions mendapat jatah bermain di Donetsk pada gelaran Euro 2012. Namun sejak Inggris pulang kampung, tempat tersebut kembali normal. Yang datang mayoritas warga lokal dan turis asing.

Jika penasaran mencicipi suasana kota Liverpool di Ukraina, silakan datang ke tempat tersebut. Saking terkenalnya, hampir semua warga lokal bisa memberitahu arah menuju ke sana. Jalan yang menuju ke “kampung” Liverpool itu juga didesain menarik, berhiaskan bendera Inggris dan tulisan-tulisan Liverpool. Jadi, tak perlu khawatir bakal kesulitan menemukan tempat unik itu.

Suasana di dalam restoran

1Donetsk, Ukraina, Juni 2012

 

 

 

 

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: