Romantisme Kartu Pos

IMG_1131   IMG_1132

Hari gini berkirim kartu pos? Mungkin bagi sebagian orang, kartu pos dipandang jadul dan ketinggalan jaman. Berkirim kartu pos memang sangat tidak efisien di tengah serbuan kecanggihan teknologi. Mengirimkan gambar dan tulisan kini bisa dilakukan dalam hitungan detik. Sedangkan dengan kartu pos, pesan yang disampaikan kadang baru sampai berhari-hari, bahkan dalam hitungan bulan. Tapi menurut saya, menerima dan mengirim kartu pos itu sensasinya unik. Lebih personal, menyentuh dan romantis. Boleh percaya atau tidak, sampai sekarang saya masih menyimpan kartu pos ucapan selamat ulang tahun dan lebaran atau tahun baru yang saya terima bertahun-tahun silam. Saat iseng membuka dan membaca koleksi kartu pos itu, kadang bisa senyum-senyum sendiri.

Saat ini memang tidak ada lagi teman yang mengirimkan ucapan Lebaran, Tahun Baru atau ulang tahun lewat kartu pos. Romantisme kartu pos sudah digantikan kepraktisan SMS, BBM, twitter dan facebook. Untungnya beberapa teman masih mau mengirim kartu pos. Ada yang karena kesadaran sendiri, ada juga yang mengirim setelah saya sedikit membujuk (tapi tidak memaksa lho.heheheh). Biasanya kartu pos tersebut dikirim ketika mereka sedang traveling atau bertugas ke luar kota atau luar negeri.

Foto kartu pos paling atas dikirimkan sahabat saya Renny Silfia dari Ho Chi Minh, Vietnam, hampir tiga tahun lalu. Kebetulan saat itu saya memang berniat berkunjung ke kota tersebut. Seperti yang tergambar di post card itu, Ho Chi Minh adalah kota yang ruwet dan tak teratur. Sepeda motor menyesaki hampir seluruh ruas-ruas jalan. Ternyata, apa yang tertera di kartu pos kiriman Renny itu bukan isapan jempol. Ho Chi Minh benar-benar ruwet! Tapi tetap asyik kok…

IMG_1134

IMG_1136

Kartu pos di atas ini juga kiriman Renny dari Thailand. Kalau tidak salah dikirim pada tahun 2010. Pemandangan indah di kartu pos itu adalah Phi Phi Island, salah satu ikon Thailand. Dasar Renny memang usil, dia bilang pergi ke Phi Phi lebih mudah daripada ke Karimun Jawa. Ucapan itu sebenarnya buat menyindir saya. Setahun sebelumnya, kami dan lima teman lainnya traveling bersama ke Karimun Jawa. Nah, gara-gara kapal di Semarang sedang perbaikan, kami menyeberang melalui Jepara. Satu-satunya kapal yang ada saat itu adalah Kartini yang waktu tempuhnya dari Jepara ke Karimun Jawa adalah 6 Jam. Saking lamanya dan takut mabuk laut, saya minum obat anti mabuk dan sukses molor selama penyeberangan super lama itu…hehehe.

IMG_1137

IMG_1138

Kalau kartu pos ini sukses membuat saya jadi melow dan iri berat. Old Trafford! Tanah sucinya fans Manchester United. Lagi-lagi kiriman Renny, yang sedang tugas belajar di Inggris, tepatnya di Newcastle. Eh bukannya duduk manis sambil belajar, dia malah sempat-sempatnya nonton Manchester United di Old Trafford. Sebagai die hard United (halah), tentu dong saya super mupeng. Yaah, semoga suatu saat nanti benar-benar bisa menginjakkan  kaki di sana. Pokoknya terima kasih buat Renny, yang sudah mengirimkan kartu pos spesial ini.

IMG_1139

IMG_1140

Kartu pos ini juga masih seputar Inggris, tepatnya Birmingham. Rata-rata kartu pos yang dikirim dari negara itu baru sampai di tangan saya setelah tiga pekan. Tapi kali ini bukan kiriman Renny. Yang ini kiriman sahabat saya Kurniawan Agung, Saya biasa memanggilnya Jabrut, Saat itu dia sedang tugas belajar di Birmingham. Yang bikin iri, tempat tinggalnya di sana katanya hanya sepelemparan batu dari Villa Park, markas Aston Villa.Tapi di kartu pos ini tidak ada gambar stadion Aston Villa atau Birmingham City. Sebenarnya Jabrut sempat menjelaskan tentang bangunan-bangunan yang tercetak di post card ini. Tapi yang paling saya ingat cuma gambar bangunan kanan bawah. National Indoor Arena, Birmingham. Turnamen bulu tangkis bergengsi, All England digelar di gedung itu. Semoga kapan-kapan bisa ke sana…

IMG_1142

IMG_1143

Kartu pos kedua dari Jabrut. Teman saya ini pokoknya enak banget. Setelah mendapat beasiswa belajar ke Inggris, eh dikirim pelatihan oleh kantornya ke Valencia, Spanyol. Seperti biasa, saya nodong minta dikirimi kartu pos. Pesannya yang ditulis Jabrut di kartu pos ini cuma singkat. Saludos Desde Valencia. Setelah minta bantuan Google Translete, ternyata artinya “salam dari Valencia”. Tentang gambar bangunan-bangunan  di kartu pos itu, saya benar-benar tidak tahu dan lupa nanya sama Jabrut. Payah ya…

IMG_1144

IMG_1145

Yang ini kartu pos dari Jenewa, Swiss, hasil nodong dari teman saya Adolf Bastian. Kebetulan dia sedang tugas kerja di sana. Sama seperti kartu dari Inggris, tibanya sekitar tiga pekan setelah dikirim. Adolf tak bercerita banyak sih tentang gambar di kartu pos itu., Keterangannya cuma singkat, yaitu panorama Danau Jenewa. Indah kan pemandangannya?

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

9 Responses to Romantisme Kartu Pos

  1. buzzerbeezz says:

    Biar sering dapet kartu pos dan nambah teman, gabung postcrossing.com aja mbak

  2. waah ide bagus tuh…langsung daftar…:)

  3. turanggasp says:

    lagi mau bikin kartu pos nih, kebetulan suka moto-moto juga jadi lumayan buat dipake hehe

  4. yusmei says:

    @turangga kartu posnya dah sampai…tunggu kartu pos balasan dariku yaaa🙂 Tengkyuuu

  5. aaah keren bgt sih aku juga kebetulan masih suka kirim2in kartu ultah ke temen2, membiasakan diri jadul ke kantor pos. rasanya dapet kabar dr mereka kalo kartu dr ku sampe tuh senengnya tak terkira.. hehehe jd seneng bgt jg baca posting ini. salam kenal yah mbak🙂

    • yusmei says:

      kalau nerima ucapan lewat kartu gitu rasanya memang lebih menyentuh dan personal banget ya.,..soalnya kalau lewat sms, bbm atau jejaring sosial lainnya kadang cuma copy paste, jadi hambar ucapannya. Salam kenal juga mbak🙂

Leave a Reply

