Nemu Jersey Shakhtar Rasa Indonesia

IMG_3881

Ini dia jersey shakhtar made in Indonesia

Ukraina bukan negara yang diakrabi orang Indonesia. Begitu pula sebaliknya. Mosok sih? Beberapa bukti ringan bisa jadi jawaban.

Yang pertama, coba cari artikel di internet yang berisi cerita traveling di Ukraina hasil tulisan orang Indonesia. Hasilnya pasti hanya segelintir. Yang kedua, coba cari tahu berapa jumlah orang Indonesia yang saat ini tinggal di Ukraina. Jawabannya juga hanya tak jauh beda. Benar-benar segelintir!

Menurut salah seorang diplomat Indonesia untuk Ukraina, Bu Teresa, warga Indonesia yang tinggal di Ukraina pada tahun 2012 hanya 11 orang! Jumlah itu tentu di luar staf KBRI dan keluarganya. Makanya saya tak terlalu berharap menemukan hal-hal berbau Indonesia di negara pecahan Uni Soviet tersebut. Ketemu orang Ukraina yang tahu Indonesia saja sudah syukur. Yaah, Ukraina memang bukan Singapura, Hong Kong dan Arab Saudi yang sangat familiar dengan turis-turis asal Tanah Air. So, saya benar-benar gembira ketika ketemu sesuatu yang berbau Indonesia di salah satu sudut Donetsk, salah satu kota utama di negeri tersebut.

Ceritanya begini. Sebagai pencinta sepak bola, saya jelas tak melewatkan kesempatan berkunjung ke fan shop milik klub lokal setempat, Shakhtar Donetsk. Di toko resmi klub tersedia berbagai macam suvenir khas Shakhtar yang didominasi warna oranye. Selama perhelatan Euro 2012 di Donetsk, toko yang terletak di pusat kota tersebut selalu ramai disambangi pengunjung.

Suasana fans shop Shakhtar

Suasana fans shop Shakhtar

Tampak depan fan shop shakhtar

Tampak depan fan shop shakhtar

Segala pernak-pernik yang berbau Shakhtar tersedia di sini, mulai gantungan kunci, korek api, boneka, syal hingga jersey tim. Harga barang di toko ini memang lumayan mahal bagi kantong orang Indonesia, namun sepertinya tidak bagi turis-turis dari negara Eropa lainnya. Selain syal dan gantungan kunci, barang yang paling diburu adalah jersey Shakhar berwarna oranye hitam. Klub lokal Ukraina ini namanya memang kian melambung setelah menjuarai Piala UEFA pada musim 2008/09. Tak heran, jersey Shakhtar banyak diburu, apalagi warna kostumnya eye catching.

Saya dan beberapa rekan jurnalis asal Indonesia tak mau ketinggalan berbelanja suvenir Shakhtar Donetsk. Maklum, di Indonesia susah mencari merchandise klub ini karena tidak seterkenal tim-tim Inggris, Italia maupun Spanyol. Mayoritas, kawan-kawam mengincar syal karena harganya masih lumayan terjangkau. Tapi, ada juga seorang kawan yang membeli beberapa buah jersey karena dititipi sahabatnya di Tanah Air.

Setelah memilih-milih cukup lama, dia akhirnya membeli sebuah jersey dan dua kaus fans. Jersey Shakhtar yang dibeli dibanderol senilai 750 hryvnia atau setara Rp800.000. Ketika hendak menuju kasir, dia iseng-iseng membuka label jersey bermerek Nike tersebut. Alangkah kagetnya, ternyata di situ tertulis bahwa kaus tersebut adalah made in Indonesia. Teman-teman lainnya langsung penasaran menengok labelnya dan tertawa.

Dalam urusan ini Indonesia memang juara. Konon jersey Manchester United yang dijual di megastore klub di Inggris sana juga made in Indonesia. Bukan hanya merambah Eropa Barat, kaus rasa Indonesia juga sampai ke Eropa Timur. Kami gembira karena untuk kali pertama berhasil menemukan sesuatu yang berbau Indonesia di Ukraina. Tapi dalam hati bete juga. Jersey tersebut pasti tidak semahal itu ketika diproduksi di Indonesia. Harganya kemudian langsung naik beberapa kali lipat setelah dibubuhi cap salah satu apparel olahraga ternama dunia.

Kawan saya itu langsung menghubungi rekannya di Tanah Air untuk memberi tahu kabar tentang jersey made in Indonesia itu. Ternyata, temannya yang nitip dibelikan kaus tidak keberatan. Alhasil, jersey Shakhtar rasa Indonesia itu langsung dibayar dan dibawa pulang ke Tanah Air sebagai oleh-oleh. Ceritanya..ini dari Indonesia untuk Indonesia. Ada-ada saja…

Donetsk, Ukraina, Juni 2012

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

8 Responses to Nemu Jersey Shakhtar Rasa Indonesia

  1. nyonyasepatu says:

    hahaha………….dan disana jadi muahal banget ya🙂

  2. yusmei says:

    Mahal pooool…paling kalau dari pabriknya di tangerang sana cuma 300 ribu…nasib..nasiiib🙂

  3. muhammadlo says:

    grade no 1 memang made in indonesia, coba minta jersey rooney dkk juga made in indonesia

    • yusmei says:

      bangga sih kaos bikinan indonesia dipakai klub2 top gitu….tapi alangkah senangnya kalau harganya lebih terjangkau untuk kantong orang indonesia🙂

  4. Indradya SP says:

    Hehehe….saya pernah mampir sini juga, tapi cuma sanggup beli gantungan kunci🙂

  5. yusmei says:

    samaaa…cuma beli gantungan kunci dan syal satu, soalnya syalnya buat koleksi :):)…eh beli korek api juga, soalnya paling murah hehehhe

  6. heheh barang made in indonesia memang nggak boleh dijual di indonesia kalau menyangkut brand-brand besar.. tapi selalu ada celah kok yg dibikin reject lah, yg dibikin kelebihan produksi lah buat sampingannya karyawan pabrik.. tapi ya jumlahnya nggak banyak2 amat, paling juga keburu habis disikat tetangganya sendiri😀

    • yusmei says:

      hahahha bener itu, dulu ada tetangga yang kerja di salah satu pabrik sebuah apparel terkenal bisa jual sepatu/kaos super murah…katanya barang reject

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: