Pesepak Bola dan Rokok

Dimitar Berbatov

Dimitar Berbatov (Foto by Daily Mail)

Sepak bola dan rokok bagaikan dua buah kutub yang sangat bertolak belakang. Bukan sebuah simbiosis mutualisme sepertinya. Banyak orang berpendapat hubungan keduanya harus diminimalisir kontaknya. Tak heran, ketika keduanya coba disatukan, yang muncul adalah kontroversi tak berujung.

Perdebatan tentang kebiasaan merokok kembali mencuat ketika pekan lalu pemain Arsenal, Jack Wilshere, ketahuan merokok di sebuah klub malam di London. Manajer Arsenal, Arsene Wenger, murka bukan kepalang. Perbuatan Wilshere dianggap memalukan. Tapi, tahukah Anda rokok dan sepak bola punya sejarah panjang?

Legenda Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff, punya cerita menarik seputar hubungan sepak bola dan rokok. Dulu pria Belanda tersebut dikenal sebagai pecandu rokok. Dia mampu menghabiskan 20 batang rokok sehari, sejak masih berstatus pemain hingga ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada 1988.

Sempat sukses pada dua musim pertamanya, Cruyff mulai tertekan dan stress pada musim 1990/91. Buntutnya dia meningkatkan konsumsi rokok untuk meredakan ketegangan. Ternyata, kebiasaan itu berefek fatal. Cruyff sakit jantung dan harus menjalani operasi bypass sebanyak dua kali!

Setelah operasinya berhasil, Cruyff diultimatum oleh dokter. Jika tak berhenti merokok, dia tak boleh lagi bermain sepak bola karena nyawa jadi taruhannya. Kata-kata dokter itu seperti bom untuk sang legenda. Dia tak punya pilihan selain menuruti saran dokternya itu. Cruyff  emoh mati muda dan tak mau meninggalkan lapangan hijau yang sangat dicintainya. Rokok digantinya dengan permen lollipop. Yang terjadi berikutnya adalah sejarah. Barca berhasil diantarnya ke era bertabur gelar. Sebuah dream team lahir. Dalam kurun waktu empat musim, Barcelona merengkuh empat gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions. Cruyff pun masih segar bugar hingga kini.

Jika mau mengulik-ulik lebih dalam, daftar pesepak bola yang juga perokok ternyata sangat panjang. Sebut saja Jack Charlton, Wayne Rooney, Mesut Ozil, Diego Maradona, Ashley Cole, Zinedine Zidane, Dimitar Berbatov, Carlo Ancelotti, Ronaldo (Brazil) dan Mario Balotelli.  Zidane tertangkap kamera sedang merokok di balkon hotelnya di sela-sela gelaran Piala Dunia 2006.  Jack Charlton malah lebih ekstrem. Legenda Leeds United yang menjuarai Piala Dunia 1966 bersama Inggris itu dikenal sebagai perokok kelas berat saat masih menjadi pemain. Bahkan dia pernah tertangkap kamera sedang mengisap rokok di bibirnya saat berlatih di lapangan bersama Leeds! Mesut Ozil pernah tertangkap kamera sedang mengisap rokok saat berlibur dengan teman-temannya. Berbatov dan Ashley Cole juga tak berusaha menutupi kebiasaan merokok, begitu juga dengan legenda Argentina, Maradona.

Mesut Ozil

Mesut Ozil (by Daily Mail)

zidane

Zinedene Zidane (by Daily mail)

Saat melihat daftar pesepak bola perokok tersebut, mungkin orang akan bertanya-tanya. Benarkah merokok tidak baik untuk seorang pesepak bola? Buktinya nama-nama tersebut dikenal sebagai pesepak bola papan atas yang berkualitas dan berprestasi.

Bagi kalangan anti-rokok, mereka mungkin akan mengatakan para pesepak bola tersebut memang dilahirkan dengan talenta lebih. Skill alamiah mereka bisa menutupi efek buruk rokok yang jelas-jelas tidak bagus untuk olahraga yang membutuhkan fisik prima. Sedangkan kalangan yang pro rokok, fakta ini bakal menjadi penguat argumen bahwa rokok dan sepak bola pun bisa berjalan berdampingan. Siapa yang benar? Entahlah.

Kembali ke kasus Jack Wilshere sepekan lalu,  Wenger membeberkan alasan mengapa dia marah dengan kelakuan sang pemain. Kemarahan Wenger cenderung dititikberatkan pada momen yang dipilih Wilshere saat menyulut batang rokoknya, yaitu di depan umum.

Pelatih asal Prancis itu menegaskan sebagai pesepak bola terkenal, Wilshere, harus menyadari bahwa saat ini dia menjadi idola sekaligus panutan ribuan bahkan jutaan orang di berbagai penjuru dunia. Penggemarnya bukan hanya kalangan orang tua yang sudah bisa membedakan baik dan buruk maupun hitam dan putih, melainkan juga anak-anak yang mungkin akan mengikuti apa pun yang dilakukan sang idola. Wenger juga menyoroti buruknya efek rokok terhadap kesehatan Wilshere. “Anda dapat merokok dan minum di rumah, dan tidak seorang pun melihatnya. Tapi ketika Anda pergi ke luar, perbuatan itu [merokok] bisa menghancurkan repuitasi Anda. Pemain adalah panutan. Panutan yang dibutuhkan orang saat ini sudah berbeda dibandingkan dulu,” ujar Wenger, seperti dikutip Daily Mail.

Well, perdebatan tentang hubungan rokok dan pesepak bola jelas tak akan ada habisnya. Kalangan yang pro dan kontra selalu punya argumen untuk membela sikapnya. Lagipula, tak seorang pun bisa memaksa pemain untuk tidak merokok lagi. Toh semua akibat akan ditanggungnya sendiri. Pesepak bola juga manusia biasa, yang mungkin membutuhkan rokok untuk melepas ketegangan maupun kebosanan dari rutinitas dan tuntutan tinggi di lapangan hijau.

Namun, kata-kata Wenger mungkin ada benarnya. Ketika seseorang sudah menjadi pesepak bola terkenal atau tokoh publik, banyak konsekuensi yang mengikuti. Ada tuntutan dan tanggung jawab besar untuk menjaga gerak-gerik sekecil apa pun. Ingat, seorang fans atau penggemar kadang punya kecenderungan aneh untuk mengikuti apa pun polah tingkah idolanya, tak peduli itu baik atau buruk.

Solo, 13 Oktober 2013

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

14 Responses to Pesepak Bola dan Rokok

  1. dee nicole says:

    Saya kalo merokok jg sembunyi2.ga enak sama fans saya ^.^

  2. DianRuzz says:

    Dari sederet nama pesepak bola diatas, cuma tahu Zidane *tutup muka*

  3. Omnduut says:

    Haa sama, cuma kenal sama Zidane haha. Asli gak ngeh kalo ditanya pemain sepak bola😉

  4. mysukman2012 says:

    eitss…kebiasaan buruk saya juga ternyata ditiru sama bintang2 top sepak bola yach mbak? hehe…salam kenal..

  5. wah untung saya gak masuk di tulisan ini yaa.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: