Dunia Tanpa Sekat

Fans dari Asia di Stadion Donbass Arena, Donetsk

Fans dari Asia di Stadion Donbass Arena, Donetsk. Cukup banyak fans dari Asia yang datang ke Ukraina untuk menyaksikan Euro 2012.

 

Setiap menyaksikan berita kekacauan di Ukraina, saya merana. Dua tahun lalu negeri itu terasa tenang dan damai. Tak ada tanda-tanda bakal muncul konflik hebat. Kegembiraan terasa di setiap sudut kota. Manusia dari berbagai belahan dunia berkumpul dalam suka cita. Merayakan pesta akbar sepak bola, Euro 2012. Dunia terasa tanpa sekat. Warga Rusia dan Ukraina yang kini bertikai, dulu bisa berbaur damai, tanpa embel-embel kekerasan. Ternyata waktu memang bisa mengubah segalanya. Hanya dalam tempo dua tahun, kedamaian di Ukraina terkoyak. Sebagian wilayah Ukraina ternoda oleh konflik. Saya benar-benar merindukan Ukraina yang sempat saya singgahi selama 10 hari, dua tahun lalu. Keriangan di pusat-pusat keramaian, kedamaian di taman-taman kota, dan terutama tingkah konyol dan lucu para fans sepak bola dari berbagai belahan dunia. Semoga kedamaian itu segera kembali.

Ekspresi kegembiraan fans Spanyol di Donbass Arena, Dontesk, seusai kemenangan Spanyol atas Portugal di semifinal.

Ekspresi kegembiraan fans Spanyol di Donbass Arena, Dontesk, seusai kemenangan Spanyol atas Portugal di semifinal.

 

Fans Portugal setiap menanti para pemain pujaannya di hotel tim, tak jauh dari Donbass Arena, Donetsk.

Fans Portugal setiap menanti para pemain pujaannya di hotel tim, tak jauh dari Donbass Arena, Donetsk.

fans3

Pria ini datang ke Ukraina dengan mobil antiknya. Ternyata dia pernah juga mampir ke Indonesia.

 

Menghabiskan waktu memandang lalu lalang manusia

Menghabiskan waktu memandang lalu lalang manusia

 

Seorang fans Jerman (yang bukan orang Jerman) sedang mengecat wajah.

Seorang fans Jerman (yang bukan orang Jerman) sedang mengecat wajah.

 

Entahlah mereka ini mengadopsi gaya apa.

Entahlah mereka ini mengadopsi gaya apa.

 

Nonton sepak bola tetap centil dong

Nonton sepak bola tetap centil dong

 

fans24

Nah ada saya. Ikut jadi fans dadakan. Viva Espana!

fans14

Penonton konser Elton John menjelang laga final Euro 2012 di Kiev

 

Pria-pria Italia

Pria-pria Italia sedang menebar pesona di jalanan Kiev😀

 

Nah ini gadis-gadis fans Timnas Spanyol di laga final. Gak dingin ya mbak?

Nah ini gadis-gadis fans Timnas Spanyol di laga final. Gak dingin ya mbak?

 

Gaya....entahlah

Gaya….entahlah

 

Menonton sepak bola sejatinya memang tentang kegembiraan.

Menonton sepak bola sejatinya memang tentang kegembiraan.

Ukraina, Juli 2012

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

20 Responses to Dunia Tanpa Sekat

  1. winnymarch says:

    dlu gimna kaka hdp disana

  2. Indradya SP says:

    Asiiik🙂

  3. nyonyasepatu says:

    sedih ya, cuman gara2 segelintir orang yang rakus bikin orang banyak susah dan sedih

  4. Mari sama-sama berdoa untuk kedamaian Ukraina, mbak. Dulu mbak gratisan ya ke sana?😀

  5. dee nicole says:

    Hmm hmm hmm sekarang ane tau negara favoritmu ..

  6. Ari Azhari says:

    Pertanyaannya adalah “kenapa sekarang?”. Kenapa baru sekarang meledak setelah lebih dari 2 dekade merdeka baru meledak perang antar etnis ini?. Apa selama 2 dekade dipendam-pendam terus?

    • yusmei says:

      Pertanyaanmu abot koh :))). Tapi bibit konflik fi crimea sebenere sudah sejak muncul tahun 2008. Tp penggulingan presiden victor akhire jd pemicu konflik. Apapun itu aku tetep termehek mehek sama negara2 eropa timur..

  7. chris13jkt says:

    Sayang banget suasana yang damai jadi porak poranda akibat perang gitu ya Yus 😦

  8. Ceritaeka says:

    Kalo di luar mungkin nggak takut rusuh.. Kalo di sini nonton bola ngeri >.<

  9. Fahmi Anhar says:

    *bersih2 sarang laba2 di blog ini* | *pake sapu ijuknya bu kos*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: