Giveaway Buku Panduan Wisata Jawa Tengah

Ada salah kaprah informasi tentang Borobudur yang sampai sekarang masih sering terjadi. Bukan cuma sekali-dua kali sih saya mendapati orang yang bilang Borobudur itu berlokasi di Yogyakarta. Pernah mengalami juga kan? Padahal jelas-jelas candi Buddha megah tersebut berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

Borobudur ini sebenarnya hanyalah satu dari bejibun objek wisata menarik yang dipunyai Jawa Tengah. Destinasi lainnya banyak banget, sebut saja yang tersohor seperti Dieng, Karimun Jawa, objek-objek di Solo dan Semarang. Yang belum terlalu banyak dieksplor juga banyak seperti ”Tiongkok Kecil” Lasem, wisata sejarah dan alam di Cilacap, Purwokerto, jelajah batik di Pekalongan, dan banyak lagi. Belum lagi ngomongin kuliner-kuliner Jawa Tengah yang beragam dan maknyus.

Nah, buat teman-teman yang ingin menjelajah, melihat event kesenian atau festival budaya di Jawa Tengah, tapi butuh panduan, saya punya solusi ampuh! *halah. Bisa bertanya langsung ke saya sih, tapi referensi saya terbatas. Selain itu, saya juga cacat geografis, jadi bisa-bisa malah bikin teman-teman kesasar. *soal cacat geografis serius lho 

Ini tiga buku panduan yang dibagikan oleh Visit Jawa Tengah

Ini tiga buku panduan yang dibagikan oleh Visit Jawa Tengah

Solusinya datang dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Melalui postingan ini, Disbudpar Jateng ingin memberikan lima paket buku panduan wisata untuk lima orang. Bukunya bukan cuma satu, tapi tiga sekaligus! Ada Buku Panduan Wisata Jawa Tengah, Buku Panduan Wisata Kuliner Jawa Tengah dan Buku Kalender Events 2015. Yahud kan?

Cara mendapatkannya juga gak susah kok, dan yang jelas gratis! Gini caranya :
1. Follow akun twitter @VisitJawaTengah dan @usemay
2. Jawab pertanyaan : destinasi wisata di Jawa Tengah yang ingin kamu kunjungi tahun depan dan apa alasannya?
3. Jawabannya ditulisan via comment di blog ini. Sertakan akun Twitter atau akun Facebook. Harus dicantumkan biar bisa dicolek kalau menang.
4. Semua peserta memiliki kesempatan menang yang sama, karena penentuan peserta yang beruntung menggunakan sistem undian.

Contoh format jawaban:

Nama : Robin Van Persie
Twitter : @robin20
Facebook : Robin Van Persie
Jawaban : Banyak banget tempat di Jawa Tengah yang ingin saya kunjungi tahun depan. Tapi yang paling pengin ke Museum Karst di Wonogiri, yang katanya keren. Setelah ke sana bisa sekalian menjelajah pantai-pantai bagus berpasir putih di Wonogiri.
Catatan:
– Siapa lima orang yang beruntung mendapatkan paket buku panduan wisata ini bakal diumukan pada Minggu, 21 Desember 2014.
– Buku panduan wisata akan dikirimkan langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

91 Responses to Giveaway Buku Panduan Wisata Jawa Tengah

  1. Nama : Danan Wahyu Sumirat
    Twitter : @dananwahyu
    Facebook : Danan Wahyu Sumirat (http://www.facebook.com/danan.sumirat
    Jawaban : Kalau disebutkan satu per satu bakal jadi satu tulisan. Tapi yang paling diimpikan Lasem. Gara2 mengulik jejak batik tahun lalu di Madura, makin penasaran dengan batik nusantara. Doakan tahun depan saya berjodoh dengan Lasem😀

  2. mawi wijna says:

    jadi inget salah satu baliho flag carrier di kota Jogja mencantumkan kata “Yogyakarta” dengan latar candi Borobudur… Memang Jogja itu lebih menjual dari Jawa Tengah ya mbak? :p

    • yusmei says:

      Iya harus diakui Borobudur lebih melekat dengan Jogja. Soalnya bandara terdekat juga jogja dan dianggap lebih “menjual”. Butuh usaha super keras untuk mengubah imej itu ya mawi😀

  3. Gery says:

    Nama : Zwageri DHP
    Twitter : @geryayodhya
    Facebook : Gery (Zwageri D) (facebook/master.fingers)
    Jawaban : destinasi wisata yang paling ingin saya kunjungi adalah Desa Wisata Candirejo. Pengen liburan yang edukatif😀 belajar kehidupan tradisional desa supaya back to nature😀

  4. MS says:

    Nama : Monda
    Twitter : @monda6
    Jawaban : aku pengen banget ke Candi Sukuh, Lasem dan Dieng…
    wisata budaya, kota tua dan sejarah memang menjadi minatku sejak dulu.., wisata yg tak sekedar untuk senang2 tapi juga nambah pengalaman dan wawasan

  5. winnymarch says:

    Nama : Winny Alna Marlina
    Twitter : @winnymarch
    Facebook : Winny Alna Marlina
    Jawaban : wisata jawa tengah tidak ada habisnya tapi jika ada kesempatan wisata Jawa Tengah yang ingin dikunjungi ialah Bukit Punthuk Setumbu karena merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan Borobudur Sunrise dan walau sudah pernah ke borobudur tp tetep pengen balik..

  6. dwisetianto says:

    Nama : Dwi Setianto
    Twitter : @Dwi_Setianto
    Facebook : Dwi Setianto (www.facebook.com/setians.radcliffe)

    Jawaban : Tahun 2015 nanti, aku masih pengen sekali pergi ke Candi Borobudur. Kenapa? Candi Borobudur yang sempat jadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia ini selalu jadi tempat yang ajaib bagiku. Jadi aneh rasanya, aku tinggal di Jawa Tengah tapi selama ini belum mendapat kesemptan untuk berwisata ke sana. Wah, pasti menarik ya melihat relief-relief di dinding candinya, banyak arca yang keren juga ya?😀 Ah, semoga di tahun 2015 aku bisa ke sana. Aamiin.
    Terima kasih.

  7. Natalia Kristin says:

    Nama : Natalia Kristin E
    Twitter : @lialia_tmg
    facebook : Natalia Kristin
    Jawaban : karimunjawa memang ga bikin bosan untuk dikunjungin, tp tiap kali kesana cm pulau yg meanstream yg dkunjungi, smga tahun depan bisa kesana lagi dan bisa mengunjungi beberapa pulau yg belum pernah saya datangin, secara ada 27 pulau kan disana.. hopefully..
    cari bolo dulu dr sekarang biar murmer bs share cost murhehe.. no mainstream island ya guys..🙂

  8. Idah Ceris says:

    Pingin ke Karanganyar!😀
    Mbak, aku nyontek ketentuan syarat, ya.🙂

  9. buzzerbeezz says:

    Nama : Ari Murdiyanto
    Twitter : @buzzerbeezz
    Facebook : Ari Murdiyanto
    Jawaban : Pengen eksplor daya tarik wisata yang ada di kabupaten kelahiran sendiri deh, Pati lalu mempromosikannya via blog. Buanyak bgt yang belum aku kunjungi ternyata daya tarik wisata di Pati. Seperti Gua Pancur di Kecamatan Kayen, Air Terjun Tadah Hujan di Kecamatan Sukolilo, Peternakan Ulat Sutera Regaloh di Kecamatan Tlogowungu, Kebun Kopi Jolong di Kecamatan Gembong, dan banyak lagi.

    Mau ikut mbak Mei?😀

  10. Nama : Wahyu Adityo Prodjo
    Twitter : @wahyuuap
    Facebook : Wahyu Adityo Prodjo
    Jawaban :Buku panduan wisata ini pas banget nih buat aku mbak Yusmei. Rencana ngunjungin Jawa Tengah gak tahun depan, malah bulan ini. Rencana seminggu mau eksplor Jawa Tengah pake sepeda. Destinasi yang wajib mau dikunjungin Gua Maria, Museum Kereta sama Rawa Pening. Semoga dikasih sebelum berangkat tgl 18 Desember. Buat referensi. hehe

  11. Anang YB says:

    Nama : Anang YB
    Twitter : @KicauPenulis
    Facebook : anangyb
    Jawaban : Pingin menelusuri spot-spot wisata kuliner dan objek kunjungan waisatawan di jalur Semarang, Ambarawa, Magelang, dan Muntilan … Pokoknya pingin makan enak dan unik di situ, sambil selfie, lantas bikin tulisan dan upload di media sosial 😀

  12. Indradya SP says:

    Nama: Indradya Susanto Putra
    Twitter: @IndraJOS
    Facebook: https://www.facebook.com/indradya
    Jawaban: Pengen ke semua destinasi wisata di Solo dan sekitarnya. Alasan: biar bisa ketemu Mei dan ditemenin jalan-jalan.🙂

  13. May Hera says:

    Nama: May Hera
    Twitter: @MayHera
    Facebook: May Hera
    Jawaban: Saya ingin sekali berkunjung ke museum Kereta Api Ambarawa, ingin juga mencoba naik kereta uap “kembali ke masa silam” saat era kolonial. Menikmati pemandangan, seraya membayangkan menjelajah masa silam. Ah indahnya. Tahun depan yaaa…. yuuuk!

  14. lucky helmi says:

    mba, mau nanya dong..buku2 ini dijual ga ya?aku butuh buat kerjaanku hehehhee..kalo dijual, bisa di dapat dmana?

    aku butuh info berbagai acara menarik di jawa tengah 2015, misalnya festival budaya, khususnya bulan januari 2015

    makasi ya mba🙂

  15. ghozaliq says:

    aku gak punya twitter mba… :D:D:D

  16. hermanterherman says:

    Nama : Herman
    Twitter : @hermanterherman
    Facebook : Herman
    Jawaban : ke borobudur pastinya, setelah itu ke museum kereta api di ambarawa sekalian naik kereta wisatanya kemudian lanjut mengunjungi benteng pendem dan terakhir jalan2 di kota semarang sambil meikmati keindahan kota dan kulinernya.
    Treimakasih

  17. faradinadira says:

    nama : ines faradina
    twitter : @inesMuse
    facebook : ines faradina

    ada dua destinasi wisata yang pengen banget dikunjungi. karena setahun kemaren kerjaannya explore jogja sama dieng, jadi sekarang saatnya beranjak ke wilayah lain di jawa tengah.
    pengennya sih main ke wisata lokal yang bercita rasa internasional, apalagi kalo bukan BROWN CANYON SEMARANG dan KARIMUNJAWA.. Yayyy!!

    alasannya sederhana gitu sih, daripada kita capet capek keluar duit buat exploring Amerika cuma buat canyon, mending kita exploring Brown canyon punya Semarang. daripada kita jauh-jauh liat biru nya maldives, mending ke karimunjawa.

    indonesia itu kaya, tiap daerahnya itu punya permata, saatnya semua di jelajahi dan tunjukkan yang kita punya pada dunia!!😀

  18. Gara says:

    Nama: Gara P W
    Twitter: @gara_pw
    Jawaban: Jujur, saya berdestinasi Jawa Tengah dalam hidup ini baru sekali. Sisanya cuma numpang lewat selusur Pantura.
    Jadi semua tentu ingin saya kunjungi. Tapi untuk saat ini, saya masih ingin “menyelesaikan” Gedong Songo dan keajaiban Little Netherlands di Semarang. Hahaha.

  19. krisna says:

    Nama:Krisna
    Twitter: KrisnaKS
    Jawaban: pgn ke kota-kota di jalan daendels mbk..alasannya habis baca Jalan Raya Pos nya Pram..hahaha…

  20. Nama : Deena Setyowati
    twitter : @dayanasweet
    fb : Deena Setyowati

    jawaban:
    Tempat wisata di Jawa Tengah yang ingin saya kunjungi pada tahun 2015 adalah objek wisata Kebon Kopi Jolong di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Kebun Kopi Jolong terletak di sebelah timur pegunungan Muria. Kebun Kopi ini sudah ada sejak tahun 1895 pada masa penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih aktif berproduksi. Alasannya saya ingin melihat aneka vegetasi dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Di sana ada kebun buah dan bunga. Saya ingin jalan-jalan di perkebunan dan di pabrik untuk mengetahui cara memanen kopi dan pengolohan kopi. Selain itu di sana juga ada air terjun Batu Sirap Grenjengan. Saya pengen ke sana.

  21. Nama : Adhika Ali Pratikna
    Twitter : @adhikaali
    Facebook : Adhika Ali Pratikna
    Jawaban : Rencana tahun depan menyusuri pantai di Wonogiri aja, kunjungan pertama pantai Nampu dulu. Alasannya, Refreshing biar tidak stress karena pekerjaan & buat hunting tugas fotografi dari kampus.

  22. viaphioo says:

    Nama : Arviana Ratih Hapsari
    Twitter : @ViaPhioo
    Facebook : Via Phioo
    Jawaban : banyak sekali tempat yang ingin sy kunjungi di jawa tengah tahun depan,, tp target yg ingin sy capai yaitu ingin berkunjung ke karimun jawa,,, mengunjungi penangkaran hiu,,, dan smoga tahun dpat menginjakkan kaki dsana,,, amiin

  23. netytita says:

    Nama : nety hanafi
    Twitter : @netytita
    Facebook : nety tita
    Jawaban : banyak banget yg pgn didatengin tahun depan..mungkin yang lagi pgn bgt dikunjungi adalah kepulauan seribu. lumayan deket, tpi blm pernah kesitu hehe banyak pulau menarik sepertinya..semoga tahun dpn bisa jelajah kesana

  24. Nama : Zaitun Hakimiah NS
    twitter : @NSMia
    fb : Zaitun Hakimiah
    jawaban :
    selain ke karimun Jawa, saya pengen ke lawang sewu Semarang. Belum pernah ke Jawa Tengah bagian Utara, dan kayaknya Semarang jadi destinasi yg tepat salah satunya ke Lawang Sewu

  25. Ema Utomo says:

    Ema
    twitter: @emautomo
    facebook: Ema Utomo

    kakaaaakkk..
    kalo aku pengen ke karimunjawa sama ke borobudur.. udah segede gini belum pernah ke borobudur😀 nanti ke karimunjawa pengen berenang sama dedek bayi haha..

    Insyaallah nanti bulan Oktober 2015 ada anak2 dari sekolah Perancis yang mau gantian studi visit pertukaran pelajar ke Al Firdaus jadinya mau aku ajakin jalan-jalan ke Borobudur sama sentra pembuatan batik dan keraton di Solo.

  26. netytita says:

    oohh kudu sing nang jateng ya kak..hiks ulang yoo hahahaha

  27. Mujiyanti says:

    Nama : Mujiyanti
    Twitter : @budhe_yanti
    Facebook : budhe Yanti
    Jawaban : Banyak tempat wisata di Jateng yg telah saya kunjungi. Tapi banyak juga yg blm. Salah satu yg pengin banget saya datangi adalah Situs Sangiran . Sebenarnya saya malu mengatakan ini tapi begitulah adanya mengingat tempat itu berada tdk jauh dari Solo. Resolusi saya thn 2015 saya hrs ke sana

    • yusmei says:

      Kalau ke Situs Sangiran wajib mbak. Keren banget sekarang dan sangat edukatif. Monggo melipir ke sana😀

      • Mujiyanti says:

        iya nich memalukan sekali org luar daerah bahkan org luar negeri sudah ke sana saya yg dekat. kok blm…. 2015 hrs ke sana wong ya ngga perlu nginep bisa pp mksh mbk yus mey dah mengingatkan

  28. Farah says:

    Nama: farah.
    Twitter: @farahhfzh.

    Pengen ke pantai ayah! 2 in 1 banget kan? Dapet ke hutan wisata logending nya, dapet juga ke pantai ayah nya. Bisa kemah seru sama temen juga. It is a whole package! Hihi.

    Dan berhubung blm prnh naik kereta uap, pilihan berwisata naik lokomotif uap di Ambarawa juga kedengarannya bakal asyik banget. Dan setelah itu langsung mampir ke Candi Borobudur. Asyik, ya?

  29. ndop says:

    Orang jawatimur kalau piknik sekolah khan bilangnya ke Jogja, tapi obyek wisatanya Candi Borobudur! Hahahhaha… Dan hal itu menyesatkan yaaaaa..😦

  30. Dian Rustya says:

    Nama : Dian Rustya
    Twitter : @awardeean
    Facebook : Dian Rustya
    Jawaban : Aku pengen ke Solo dan ikut acara blusukannya di sana mbak :’) Kangen jalan2 bareng blusukan keliling kota

  31. Adie Riyanto says:

    Melu ah,

    Nama : Adie Riyanto
    Twitter : @adieriyanto
    Fb : Adie Riyanto

    Tahun depan semoga kesampaian ke Lasem. Pengen juga ke Benteng Pendem & Nusakambangan di Cilacap. Satu lagi benteng apa gitu di Kebumen. Semua tempat itu pengen tak datengi karena kesengsem sebagai setting film. Lasem di Ca Bau Kan, klo benteng2 itu di The Raid 2: Berandal.🙂

  32. ninda99 says:

    Nama: Ninda R
    Twitter: @galaxyninda
    Facebook: Ninda Jung

    Sebelum pergi berwisata ke luar Kabupaten Purworejo, aku mau menikmati wisata di daerahku dulu. Jujur ya, aku belum pernah ke Goa Seplawan tapi udah pernah ke Goa Jatijajar. Belum pernah ke Pantai Ketawang tapi udah pernah ke Pantai Indrayanti. Nah kan malu-maluin kalau nggak tahu tempat wisata di daerahnya sendiri, malah bangga-banggain udah pernah ke tempat wisata daerah lain padahal belum pernah ke tempat wisata daerahnya sendiri.
    Aku pengen ke Goa Seplawan dulu, biar tahu Goa Seplawan itu kaya apa, ada apa aja disana, pemandangannya gimana. Terus menikmati tekstur pasir Pantai Ketawang, menikmati deburan ombak, oh ya jangan lupa wisata kulinernya dong. Kalau boleh, aku juga mau ke Candi Borobudur. Aku sering iri sama turis-turis mancanegara, meskipun rumah mereka jauh dari lokasi Candi Borobudur tetapi dalam sejarah telah tertulis dengan jelas kalau mereka pernah ke Candi Borobudur. Lha aku yang rumahnya nggak terlalu jauh aja belum pernah ke sana. Boro-boro datang, lewat aja kayaknya belum pernah. Semoga tahu depan bisa kesana, amin!🙂😀😉❤

    • yusmei says:

      Waah baru tahu kalau di purworejo ada gua,kalau ke purworejo plg ke pantai apa itu ya namanya (lupa), sama mi godog enak di kota. Sip tahun depan harus ke borobudur brarti hehe

  33. yusmei says:

    Selamat malam teman-teman
    Sesuai janji, malam ini saya mengumumkan lima orang yang beruntung mendapatkan paket buku panduan wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng. Total ada 26 orang yang berpartisipasi dalam giveaway ini. Semua jawabannya seru-seru, jadi pengin ikut mengeksplor Jawa Tengah bersama teman-teman tahun depan.
    Seperti yang saya janjikan, pemilihan pemenang dilakukan melalui undian. Jadi saya tadi menulis 26 kertas yang berisi nama peserta, kemudian dilipat kecil-kecil, yaaa mirip-mirip yang buat arisan gitu😀 . Akhirnya terpilih lima pemenang. Inilah mereka :
    1 . Zwageri DHP (@geryayodhya)
    2. Deena Setyowati (@dayanasweet)
    3. May Hera (@mayhera)
    4. Ninda R (@galaxyninda)
    5. Gara P W ( @gara_pw)
    Selamat untuk para pemenang. Saya tunggu nama lengkap dan alamat pengiriman ya. Tolong dikirim ke use_may@yahoo.com
    Bukunya nanti akan dikirim langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng.
    Terima kasih partisipasinya. Yang belum beruntung, doakan ya nanti ada Giveaway lagi.😀

  34. Gery says:

    sampun, mbak mei🙂
    terimakasih ya🙂 gak nyangka bisa dapet, seneng banget🙂

  35. Wow, marvelous weblog layout! How long have you ever been blogging for?

    you made blogging look easy. The entire glance of your web site is magnificent, as well as the content!

  36. shinta says:

    Ada buku tentang goa jatijajar ga ya mba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: