Kesederhanaan Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog Karanganyar

Air Terjun Jumog Karanganyar

The Lost Paradise. Begitulah warga setempat menjuluki objek wisata di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar ini. Masyarakat umum lebih mengenal tempat tersebut dengan nama Air Terjun Jumog. Sama-sama berlokasi di lereng Gunung Lawu, popularitas Jumog kalah gempita dibanding Grojogan Sewu Tawangmangu. Namun, saya sendiri lebih suka melipir ke Jumog. Indah dengan kesederhanaannya dan tak terlalu riuh. Mengunjungi air terjun setinggi 30 meter ini juga bisa digabungkan dengan kunjungan ke dua candi eksotis, Sukuh dan Cetho. Cocok untuk menghabiskan air pekan yang tenang dan damai.

“Foto ini diunggah untuk meramaikan event Turnamen Foto Perjalanan Ronde 54 : Air Terjun, dengan Rifqy Faiza Rahman sebagai tuan rumahnya.”

About yusmei
Tergila-gila dengan membaca dan menulis...Punya mimpi menelusuri sudut-sudut dunia

18 Responses to Kesederhanaan Air Terjun Jumog

  1. sekilas mirip air terjun di padang panjang..

  2. Gara says:

    Untuk saya yang terakhir kali berkunjung ke air terjun sekitar 15 tahun lalu, air terjun ini, meski katanya sederhana, tetap punya kemewahan tersendiri. Karena yang namanya Air Terjun Jumog ya hanya satu-satunya ini, bukan yang lain, kan? :hehe

    Goodluck buat turnamennya, Mbak! :hehe

    • yusmei says:

      Ya ampun beneran tuh 15 tahun gak ke air terjun? Kok bisaaa? :)…berkunjunglah sekali-kali, mungkin air terjun ingin menyapamu. Bener juga, air terjun ini mewah, cuma satu2-nya yg namanya Jumog😀

  3. mawi wijna says:

    Mau kemari kok belum kesampaian juga ya mbak Yus?… aku payah tenan kie… naik bus bisa toh?

  4. buzzerbeezz says:

    Aku kok gak diajak ke sini pas ke Solo duluuuu?

  5. Sugih says:

    Aduh, sudah lama tidak jalan2 melihat air terjun. Kelihatannya asyik banget. Kalau di Kalimantan sebelum memasuki kawasan air terjun atau bukit karang di tepi pantai dan tempat2 wisata tertentu kita harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemangku adat setempat. Konon kalau tidak minta izin, sepulang dari tempat2 tersebut kita bisa sakit dan lama sembuhnya. Bahkan foto2 yg kita ambil bisa menghilang dari ponsel/kamera secara gaib.

    • yusmei says:

      Wahh kok serem gitu ya. Tapi mending dipatuhi peraturannya, di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung ya mas🙂

      • Sugih says:

        Iya Mbak, saya sendiri pernah mengalami kejadian di Pantai Lunci dekat Teluk Kumai. Di salah satu sudut pantai terdapat pemandangan batu karang yang sangat indah. Batu-batu disana terukir dengan rapi secara alami menyerupai manusia dan sebuah istana karang. Namun anehnya saat saya memotret-motret dengan ponsel, baterai yang masih 80% mendadak lemah kurang dari satu jam. Setelah saya charge, sebagian pemandangan yg saya capture berubah ukuran sebesar thumbnail, sangat kecil tak terlihat. Bahkan sebagian lainnya hilang tak ditemukan. Padahal tempat yg saya kunjungi itu tidak tampak angker. Beruntung sepulang dari sana saya tidak jatuh sakit. Sebab saya sempat mohon pamit kepada pemangku adat setempat setelah saya diberitahu warga mengenai adat-istiadat di sana saat berwisata.

      • yusmei says:

        Saya bacanya sampai merinding lho mas, pas malem jumat pula ini. Hehe. Pesan moralnya ketika mendatangi suatu tempat, tak ada salahnya tanya2 dulu ke penduduk setempat ttg adat istiadat yg berlaku di sana. Biar semuanya lancar

      • Sugih says:

        Benar sekali Mbak, memang sudah seharusnya kita menjunjung tinggi adat istiadat di setiap daerah.

  6. ndop says:

    Ndelok foto2mu ki aku salut, soale sampean gak ngedit blas koyoke ya. Dadi apa yg nampak di foto ya itulah yg akan kalian lihat nanti (dan bahkan pasti lebih bagus).

    Mending underestimate sebelum ke tempat wisata, biar pas lihat aslinya (yg pastinya lebih bagus dibanding foto), maka kita akan mind blowing hahaha..

Leave a Reply

